Home » » Cara Membuat Larutan H2SO4 70% dalam 1000 ml

Cara Membuat Larutan H2SO4 70% dalam 1000 ml

Larutan H2SO4 di botol umumnya memiliki konsentrasi  95-97%, kita anggap 96%.
Berat jenis = 1,84 g/ml
Berat Molekul = 98,08 g/mol

Langkah Pertama kita mencari Molaritas H2SO4 pekat, rumusnya :
M=(10x%xberat jenis)/BM
M=(10x96%x1,84)/98,08
M=18 M, kita anggap M1

Langkah kedua kita mencari Molaritas H2SO4 70%, rumusnya :
M=(10x%xberat jenis)/BM
M=(10x70%x1,84)/98,08
M=13 M, kita anggap M2

Maka Perhitungan pembuatan larutan asam sulfat ( H2SO4 ) 70% sebanyak 1000 ml adalah sebagai berikut :
Dengan menggunakan rumus pengenceran molaritas M1xV1=M2xV2
M1=18 M
M2=13 M
V1=…?
V2= 1000 ml
M1.V1=M2.V2
18.V1=13.1000
V1=1000.13/18
V1=722,2 ml
Jadi asam sulfat pekat yang dibutuhkan sebanyak 722,2 ml.


atau dengan cara yang lebih simple
V1 x K1 = V2 x K2
V1 x 96 = 1000 ml x 70
V1 = 70000/96
V1 = 729 ml
Dimana :  K1 = konsentrasi asam sulfat pekat
                K2 = konsentrasi asam sulfat yang diinginkan
                V1 = volume asam sulfat yang dibutuhkan
                V2 = volume asam sulfat yang diinginkan

Sehingga cara pembuatan asam sulfat ( H2SO4 ) 1 M sebanyak 1000 ml adalah :
  1. Isi labu takar volume 1 liter dengan aquadest kira-kira 100 ml, lalu tambahkan 722.2 ml asam sulfat pekat secara perlahan.
  2. Gojog sebentar kemudian tambahkan aquadest sampai tanda batas pada labu takar. Biarkan dingin.
  3. Setelah larutan dingin pindahkan ke dalam botol reagen dan beri label.
  4. Pada pengenceran asam pekat labu takar harus diisi aquadest terlebih dahulu untuk menghindari perubahan panas yang spontan yang bisa menghasilkan letupan.

21 komentar:

  1. kalo membuat larutan H2SO4 1% dalam 1000 ml caranya gimana ya?
    apakah sama caranya dengan diatas?

    ReplyDelete
  2. iya caranya sama,tinggal angka yang 70% diganti 1 %.nanti ketemunya 10,4 ml.
    Jadi H2SO4 (pekat) yang dibutuhkan untuk membuat H2SO4 1% adalah 10,4 ml.
    Terimakasih.Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. itu persentasenya tidak dipergunakan? jadi kalau mengalikan dengan 1% maka yg di pakai 1 nya saja ? tidak perlu dibagi 100 lagi? memang seperti itukah ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara gampangnya
      1% x 1000 = 96% x V
      v= 1000 x 1% / 96%
      v= 1000/96
      v= 10,4 mL (yang diambil dari asam pekat)

      Delete
    2. iya bener itu cara yang lebih singkat.

      Delete
  4. kalo cara membuat asam sulfat 70 wt% dalam 1000 ml apakah caranya caranya sama atau berbeda. mohon penjelasanya.

    ReplyDelete
  5. kalo cara membuat asam sulfat 70 wt% dalam 1000 ml apakah caranya caranya sama atau berbeda. mohon penjelasanya.

    ReplyDelete
  6. jika dilarutkan dengan pelarut lain apakah caranya sama?

    ReplyDelete
  7. walaupun penambahan h2so4nya pelan2 tetap saja terjadi letupan. apa kah ada solusi atau cara lain? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapkan dulu akuadesnya dalam kondisi 2/3 dari volume larutan baru masukkan perlahan tu asam pekat. ga akan meletup tu. dan jangan jatuhkan langsung ke akuadesnya. alirkan melewati kaca botolnya.

      Delete
    2. terimakasih telah dibantu menjawab pertanyaan Kania Djarot :)

      Delete
  8. caranya mah gampang ga harus seribet ini kalek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada cara yang lebih singkat seperti yang anda jelaskan pada komentar di atas.

      Terimakasih.

      Delete
  9. kok ga dikali ekivalennya ya? bukannya kalo H2SO4 tuh melepas 2 atom hidrogen? jadi molaritasnya dikali 2, atau sama aja dgn normalitas

    ReplyDelete
  10. Jika yang diinginkan normalitas maka dengan rumus molaritas x ekivlen (2 utk H2SO4), jika yg diinginkan molaritas tidak perlu dikalikan ekivalen, cukup dengan rumus diatas.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Cara membuat larutan H2SO4 10 % dalam etanol gimana yah caranya ?? Apakah sama dng yg di atas. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  12. Hitunglah massa jat terlarut yang terdapat dalam 200 ml asam sulfat 0.2 molar

    ReplyDelete
  13. Hitunglah massa jat terlarut yang terdapat dalam 200 ml asam sulfat 0.2 molar

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. pada rumus mencari M 10 nya itu dari mana ya ? mohon dijawab

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar