-->
Home » » KONVERSI ppm ke persen (%)

KONVERSI ppm ke persen (%)

Kadang masih kacau dengan bab ppm ini kalau lagi ga fokus. Untuk mengingatnya saya masukkan dalam artikel saya,biar lebih mudah kalo lagi dibutuhkan.


KONVERSI ppm ke persen (%)

ppm adalah part per million atau disebut juga bpj “ bagian per juta”. Tapi kita lebih terbiasa dengan sebutan ppm daripada bpj.

Satuan ppm  adalah mg/kg atau mg/L.
1000 ppm = 1 gram/Liter = 1000 mg/L = 1 mg/ml
1 ppm = 1 mg/L = 1 mg/kg
1 ppm = 1/10000% = 0,0001 % ,  ppm ke persen dibagi 10000
1 % = 10000 ppm,   persen ke ppm dikali 10000

Contoh :
1.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 100 ppm, maka
IAA yang ditimbang = 0,100 gr ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).

2.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 0,05% (500 ppm), maka
IAA yang ditimbang = 0,500 gr, ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).


Semoga artikel ini bermanfaat, share ke teman - teman ya readers....Kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

138 komentar:

  1. Replies
    1. Mohon maaf pak boleh saya minta tolong jadi gini pak dari semua penjelasan yang bapak ajukan saya sama sekali gak mengerti pak jadi yang ingin saya tanyakan jika ada 0,25mg/L dan 1 mg/L di rubah menjadi PPM gimana yah pak ?

      Delete
    2. 1 mg/L = 1 ppm, jadi 0,25 mg/L = 0,25 ppm

      Delete
  2. mohon bantuannya :
    berapa banyak klorin yang ditambahkan untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter air jika konsentrasi klorin yang digunakan 15%

    ReplyDelete
    Replies
    1. klorin 15% = 150.000 ppm

      untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter menggunakan rumus pengenceran :
      V1xK1 = V2xK2

      maka cara menghitungnya :
      V1 = ?
      K1 = 150.000 ppm
      K2 = 100 ppm
      V2 = 50 liter = 50.000 ml

      V1 = (50000 x 100 ppm )/150000
      V1 = 33,3 ml

      Dari klorin 15% diambil 33,3 ml kemudian diencerkan sampai volume 50 liter.

      Terimakasih semoga membantu :)

      Delete
  3. 50 ppm = %
    100% = ppm
    75mg/100ml = %
    250% = ppm

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 ppm = 50/10.000 = 0,005 %
      100 % = 100 x 10.000 = 1.000.000 ppm
      75 mg/100ml = 0,075 %
      250 % = 250 x 10.000 = 2.500.000 ppm

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Ka mohon bantuannya kalau campuran 0.02% itu berapa ml ya dalam 1 liter nya?trimz

      Delete
  4. Terima kasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  5. aku minta bantuan cara mengitun konsentrasi rootone
    -f.
    100 ppm
    200 ppm
    300 ppm.
    bgmn ya tolong aku butuh skali

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ppm = timbang 0.1gram rootone F kemudian jadikan volume 1000 ml(1 liter) dengan aquadest

      200 ppm = timbang 0.2 gr rootone F kemudian jadikan volume 1 liter dengan aquadest

      300 ppm = timbang 0.3 gr kemudian jadikan 1 liter dengan aquadest

      terimakasih.semoga membantu :)

      Delete
    2. Kalo 1000 ppm cara menghitungany gimns ya? Mohon bntuannya.

      Delete
  6. Kalau dari ppm jadi mg/g gmn caranya min mohon dibantu untuk revisi skripsi saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1mg/kg = 1mg/1000gr= 0.001mg/gr

      Semoga membantu :)

      Delete
  7. Mas kalau co:2000ppm kalau jadi % gmn ya ?
    So2:400mg/m3 menjadi %?
    No2:600ppm menjadi %?
    Co2:2.5% mendajdi ppm ?
    Tolong bantuannya Mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi Mas kalo
      so2:400mg/m3 menjadi ppm ?

      Delete
    2. 2000 ppm = 2000/10000 = 0.2 %
      400 mg/m3 = 0.4 ppm = 0.00004 %
      600 ppm = 0.06 %
      2.5% = 25000 ppm

      Terimakasih. Semoga membantu :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. bagaimana cara membuat konsentrasi 100 ppm jika larutannya menggunakan ml?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 ppm = 1 ml/L
      100 ppm = 0,1 ml/L
      jadi untuk membuat 100 ppm yaitu dengan memipet 0,1 ml larutan kemudian diencerkan dengan air sampai volume 1 liter.

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  10. Kalau ppm ke %meq/l gmn..? Mohon batuanx ya.?

    ReplyDelete
  11. Kalau dari g/L mau dijadikan % bagaimana ya pak?

    142.09 g/L berapa %?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 gr/L = 0,1 %
      142,09 g/L = 14,209 % ( dibagi 10 )

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  12. Mau tanya dalam 5gr tablet berisi ga3 kadar 20% sebanyak 1gr. Berapa gr yg di butuhkan untuk membuat larutan 10ppm, 25ppm ? Gimana rumusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya agak bingung juga...yang bisa bantu jawab bisa koment dibawah ya :)

      Terimakasih.

      Delete
  13. Apa bisa minta kontak wa .. trims ..

    ReplyDelete
  14. KA klw misalkan ingin membuat larutan oxinia 150 0.4% dalam 2500liter air
    Dimana oxinia nya 1% yg di pake
    Brapa liter oxinia actip yg harus di tambahkan ,mhon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan faktor pengenceran saja
      V1 x K1 = V2 x K2
      V1 x 1 = 2500 x 0,4
      V1 = 1000
      Jadi oxinia aktif yang dibutuhkan yaitu 1000 liter ( untuk membuat oxinia 0,4% sebanyak 2500 liter).

      Terimakasih,semoga membantu :)

      Jika ada saran atau masukan bisa koment di bawah ya...

      Delete
  15. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1 mg/L = 1mg/1000 ml, jadi konversi dari ppm ke mg/ml yaitu dibagi 1000.
      50 ppm = 0,05 mg/ml
      60 ppm = 0,06 mg/ml
      70 ppm = 0,07 mg/ml
      80 ppm = 0,08 mg/ml

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oh ok ok karena 1000 ppm = 1 mg/ml thanks a lot makane dibagi 1000

      Delete
  16. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
  17. aq mau tanya jika 2600 mgNM3 SO2 dijadikan ke ppm brapa ya? bantu jawab donk please...

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete
  20. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete
  21. min tanya untuk mengubah dari mikroMol ke ppm gimana ya??

    ReplyDelete
  22. Pak, kalau 250 ppm dari 6000 liter air berapa itu pak?

    ReplyDelete
  23. bagai mana cara menghitung nilai ktk tanah dari satuan ppm ke me/100 g

    ReplyDelete
  24. bagai mana cara menghitung nilai ktk tanah dari satuan ppm ke me/100 g

    ReplyDelete
  25. Mohon bantuannya, Mau tanya kalau rubah 30 ppm, 40 ppm, 50 ppm, dan 60 ppm ke gr/l? Gmna caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ppm ke gr/liter yaitu dibagi 1000

      30 ppm = 0.03 gr/L
      40 ppm = 0.04 gr/L
      50 ppm = 0.05 gr/L
      60 ppm = 0.06 gr/L

      Terimakasih, semoga membantu :)

      Delete
    2. Mau tanya kalau merubah 100 ml ke ppm apa rumusnya?

      Delete
    3. kak kalo hormon 10.000ppm/100ml dibuat 4 ppm/liter caranya gimana ya kak?

      Delete
  26. Pagi, mohon bantuannya, jika saya memiliki hormon kemasan 1 gram yang mengandung GA3 10%, dan saya ingin membuat larutan sebanyak 100 ppm, bagaimana caranya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. timbang GA3 10% sebanyak 0,1 gram, larutkan dengan sedikit alkohol. Setelah larut tambahkan aquadest sampai volume 1000 ml ( 1 liter )

      Semoga membantu, terimakasih :)

      Delete
  27. Kalo 96,3983mg/L ke ppm gimana yaa? Thankss

    ReplyDelete
  28. Replies
    1. 1000 ppm = 1 gr/kg
      40,5 g/kg = 40,5 x 1000 = 40500 ppm
      = 4,05 % ( dibagi 10000 )

      3,58 g/kg = 3,58 x 1000 = 3580 ppm
      = 0,358 %

      Semoga membantu, terimakasih :)

      Delete
    2. Ma'af ya min, cmn mastiin aja, itu yg d atas hasil nya ga 40.5% min ?
      Cba pastiin lg ya min
      D tunggu tanggapannya hehe

      Delete
    3. dibagi 10.000. admin sdh bener.

      Delete
  29. Bro..kalo mau buat larutan 10 ppm ga3 berasal dari 5 gram suoergib 20% gimana ya bro.. atau 5gram supergib itu dilarutkan ke brapa liter air..bingung jg nih ngitungnya..trmks sblmnya

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Berapa gr (nh4)2so4 yang harus ditimbang untuk membuat larutan 50 ppm yang didalamnya terdapat 12.2% senyawa nitrogen dalam 1 gr nya.
    Mohon bantuannya untuk membuat larutan standar nitrogen.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Kalau ppm dirubah jadi mg/g gimana ka.?

    ReplyDelete
  33. Kaka tolong bantu
    25 ppm- mg/L
    50 ppm -mg/L
    75 ppm -mg/L
    Dan
    25 ppm- gr/L
    50 ppm -gr/L
    75 ppm -gr/L

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1 mg/L
      25 ppm = 25 mg/L
      50 ppm = 50 mg/L
      75 ppm = 75 mg/L

      25 ppm = 0,025 gr/L
      50 ppm = 0,050 gr/L
      75 ppm = 0.075 gr/L

      Terimakasih, semoga bermanfaat

      Delete
  34. Cara buat naoh 98% ke 10.000 ppm ?

    ReplyDelete
  35. Kakak tolong bantu jika dalam suaru obat dengan dosis 600 ppm apa maksud nya??

    ReplyDelete
  36. apa bener seperti ini kak?

    P1: (Konsentrasi pupuk Nanosilika 25%) yaitu dengan cara melarutkan125 mlnanosilika dalam 1.5 liter air

    P2: (Konsentrasi pupuk Nanosilik 50%) yaitu dengan cara melarutkan 2.5 ml nanosilika dalam 1.5 liter air

    ReplyDelete
  37. Dalam proses sianidasi,konsetrat
    Sianida 600 ppm
    H2o2 15 ppm
    Pbno3 200 ppm
    Berapa banyak cn,h202,pbn03 yg dpt dipakai jika airnya 1000 ltr.mks

    ReplyDelete
  38. Kak itu nilai 10000% dapat dari mana yah bisa di jelasin

    ReplyDelete
  39. Kak kalau 393 ppm ke % brapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ppm ke persen tinggal dibagi saja dengan 10.000
      jadi 393/10.000 = 0,0393 %

      Delete
  40. Salam sukses utk jagad kimia ,, saya mau tanya tolong dijawab yaa plissss 😂😂😂 ,,,, saya pngen mengencerkan larutan (auksin 2,4 dimetil Amina) yg konsentrasi nya 850 g/l atau 850.000 ppm menjadi 5 ppm bagaimana rumus nya ???? Terimakasih ,, klo bisa di jwb di no wa ini>> 082216009625

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan faktor pengenceran. Misal ingin membuat 5 ppm auksin sebanyak 100 liter
      V1 x K1 = V2 x K2
      V1 x 850.000 ppm = 100.000 ml x 5 ppm
      V1 = 500.000/850.000
      V1 = 0,58 ml

      Cara membuat 5ppm auksin dari 850.000ppm yaitu dengan mengambil 0,58 ml auksin kemudian ditambah aquadest sampai volume 100 liter.

      Terimakasih, semoga membantu

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  41. Jwbn diatas cukup mmbantu tp saya gak bisa ambil 0,58 ml gak punya alat nya soslnya 😂🤣😂🤣 ,,, saya tanya yg lain saja >> jika auksin serbuk 1,1 gram dgn kemurnian 95% ingin saya buat larutan 2000 ppm , brp liter air yg dibutuhkan ?? Terimakasih salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin membuat 2000 ppm auksin tinggal timbang 2 gram auksin kemudian dilarutkan dalam 1 liter aquadest, 2000 ppm = 2gram/liter

      Delete
  42. Mohon bantuanya kak jika 100% ingin di rubah ke liter atau ml gmna cara nya?

    ReplyDelete
  43. Hallo, mohon bantuannya
    Kalau PPM ke % langsung saja dibagi dengan 1000, PPM ke %b/b menggunakan rumus sama tidak min?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  44. kak mau tanya
    kalo kandungan metana pada biogas 75%
    itu berapa ppm ya ?

    ReplyDelete
  45. Kak mohon bantuannya untuk revjsi skripsi kalo hitung nilai aas dari ppm ke % caranya gmn ka?
    Konsentrasi 0ppm= 0,001ppm
    10ppm= 3,81ppm
    50ppm= 38,60
    Gimana ya ka?

    ReplyDelete
  46. Kak mohon bantuan nya:

    Kalau klorin 60% itu brp ppm?
    Lalu kalau 25.65 gram klorin itu brp ppm?

    Lalu apakah tau untuk bunuh bakteri ecoli dibutuhkan brp ppm clorine?

    Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  47. Mohon bantuanya min, teori diatas sumbernya dari mana ya, soalnya saya mau mensitasi buku nya ke laporan penelitian saya..

    ReplyDelete
  48. Kak mohon bantuannya dong, gimana caranya timbang setara sampel katekin 1 gram jika kadar sampel tsb 96,74%?

    ReplyDelete
  49. 3383.96mg/kg berapa persen ya mbak
    terimaksih

    ReplyDelete
  50. Kak tolongin aku, aku butuh bgt mau penelitian. Dosis minyak cengkeh yg aku butuhin buat mingsanin ikan 0,015 ml/L nah aku gaada alatnya kk trlalu kecil ukurannya. Solusinya gmna kak?? Please kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake mikropipet yang ukuran 0,01 ml - 0,1 ml kak

      Delete
  51. Mau nanya apakah kalo mau bikin larutan 10 ppm dari serbuk tapi hanya ingin menggunakan pelarut 100 ml tinggal menimbang bahan 0,1 mg dan dilarutin dalam 100 ml atau ada rumus lain? Terimakasih

    ReplyDelete
  52. 1g/ml : ppm
    3g/ml : ppm

    Gimana ya cara merubah ke ppm

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  55. gimana cara membuat larutan dpph 100 ppm dalam 50 ml ?berapa mg yg harus ditimbang ?
    dan membuat larutan sampel 100 ppm dari sampel cair (Ml) sebanayak 50ml
    berapa ml yg harus di timbang ?
    mohon bantuannya
    terima kasih

    ReplyDelete
  56. kalau 0,28% berapa ppm ?
    tolong bantu

    ReplyDelete
  57. Min mau nanya dong, plis jawab ya.
    1. Saya punya 10mg sampel, bagaimana caranya biar saya dapet 1000ppm.
    Saya musti larutkan dalam brp ml ya min?

    Terimakasih sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1mg/L

      1000 ppm = 1000 mg/ 1000 ml = 10 mg/ 10 ml, jadi 10 mg sampel dilarutkan dalam 10 ml.

      Delete
  58. Min saya mau tanya kalau nilai ppm ke persen itu dibagi 10000,maka nilai 10000 tu dari mana dapatnya ya min? Apa itu bentuk tangga turunan atau emang ketetapan 10.000 tu min.mohon penjelasannya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk tangga turunan,

      1 ppm = 1 mg/L
      1 % = 1 gram/ 100 ml

      Delete
  59. dosis kimia 80 ppm, dan kapasitas boiler 1 Ton, jadi berapa banyak dosisnya (Liter) yang harus di tuang kimianya ke dalam boiler tsb. Terima kasih

    ReplyDelete
  60. Replies
    1. 25 ppm maksudnya = 25 mg/L ,

      jika ingin membuat larutan 25 ppm maka timbang 25 mg bahan kemudian dijadikan 1 liter.

      Delete
  61. Mohon bantuan nya cara cek 5% hcl brp ppm ?

    ReplyDelete
  62. Kalo 80 gr di encerkan 544 liter aquadest.. jadi brp ppm ya..?? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1mg/L = 0,001 gr/L

      Jika 80 gram menjadi 544 liter, maka per liternya 0,15 gram.

      0,15 gram/L = 150 ppm

      Delete
  63. Ka minta bantuan'y dong larutan sampel dengan cara ambil 10 mg granul larutkan dalam 100 μL DMSO 1% dan diencerkan dengan 900 μL air laut sehingga diperoleh konsentrasi 10000 ppm.
    Pipet sebanyak 5 mL dari larutan 1% untuk membuat larutan konsentrasi 0,5%, pipet sebanyak 5 mL dari larutan 0,5% untuk membuat larutan 0,1%. Untuk menghitung 1% ,0,5% dan 0,1% ke ppm gmna yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 % = 10.000 ppm
      0,5 % = 5000 ppm
      0,1 % = 1000 ppm

      Delete
  64. Maaf saya mau tanya,,,saya tadi beli auksin ada tulisan 500 ppm,maksudnya bagaimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya dalam 1 liter mengandung auksin 0,5 gram auksin.

      500 ppm = 0,5 gram/L

      Delete
  65. kak kalau 1 ml/L berapa Ppm ya?

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Mintol di buatkan konverai satuan berat ke ppm beserta tangga2nya

    ReplyDelete
  68. 17.85 ppm berapa persen min tlong bantuan y

    ReplyDelete
  69. 17.85 ppm berapa persen min tlong bantuan y

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal dibagi 10000 saja.
      17,88/10000 = 0,001788 %

      Delete
  70. Pak ijin bertanya mohon bantuan jawabanya,
    Sya punya ga3 100gr murni kandungan 90%,
    Bagaimana rumusnya jika sya mau bikin formulasi dengan kandungan 40gl ( contoh merek hormon ga3 yg dijual toko pertamian NANO 40gl

    ReplyDelete
  71. selamat pagi min mohon bantuanya :
    kalau 0,75 % diubah ke mg/100 gram jadi berapa ya ? terimakasih

    ReplyDelete
  72. mengubah 500 ppm menjadi 200 ppm bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan faktor pengenceran saja.
      K1.V1 = K2. V2

      misal akan membuat 200ppm dari 500 ppm sebanyak 1000 ml
      500 ppm x V1 = 200 ppm x 1000 ml
      V1 = 200.000 / 500
      V1 = 400 ml
      jadi volume yang diambil dari 500 ppm sebanyak 400 ml, kemudian dijadikan volume 1000 ml

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  73. ijin bertanya cara membuat larutan untuk bobot 0,5% b/v gimana ya ?Terimakasih

    ReplyDelete
  74. ijin bertanya juga 2,34 mg berapa % ya min ?

    ReplyDelete
  75. Permisi nanya kak,
    NaOCl 5,25% (Bayclin) 1ml dalam 10L air, itu = berapa PPM ya kak?

    ReplyDelete
  76. Selamat malam kk, mohon pencerahannya. Saya mau menghitung zn dari p.a zinc sulfat menjadi zn 40 ppm, 60 ppm, dan 80 ppm. Bagaimana caranya kk? Trims kk

    ReplyDelete
  77. 10% kan 100 g/l tu
    Kayak mana perhitungannya? Tolong jelasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 % itu sama dengan 10 gram/100 ml = 100 gr/1 liter.
      Misal 10% NaOH artinya bahwa dalam 100 ml larutan tersebut mengandung 10 gram NaOH.
      Mungkin bisa dipelajari pada bab konsentrasi larutan.

      Delete
  78. aku minta bantuan cara mengitung konsentrasi hormon NAA
    100 ppm
    200 ppm
    300 ppm

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ppm = timbang NAA 0,1 gram kmdian dijadikan volume 1 liter dgn aquadest
      200 ppm = timbang NAA 0,2 gram kmdian dijadikan volume 1 liter dengan aquadest
      300 ppm = timbang NAA 0,3 gram kmdian dijadikan volume 1 liter dengan aquadest

      untuk lebih jelasnya bisa juga pelajari artikel saya yang ini https://www.jagadkimia.com/2021/11/cara-membuat-larutan-stok-zat-pengatur.html

      Delete
  79. Bagaimana cara mengubah konsentrasi persen menjadi PPM pada titrasi?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  80. Halo kak mau minta tolong, kalo membuat larutan antibiotik dengan konsentrasi 20,40,60,80 dan 100 PPM itu bagaimana ya perhitungannya?

    ReplyDelete
  81. izin nanya kalo 164,3 ppm itu berapa persen? terimakasih

    ReplyDelete
  82. Sangat bermanfaat, jazakallah khairan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar