-->
Home » » Cara Kalibrasi pH Meter

Cara Kalibrasi pH Meter

 pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat asam atau basa suatu larutan. Sebelum digunakan pH meter harus di kalibrasi terlebih dahulu.

Kalibrasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Kalibrasi pH meter dapat dilakukan secara rutin, setiap kali akan digunakan. Kalibrasi merupakan bagian dari pemeliharaan alat. Manfaat dari kalibrasi alat yaitu bisa mengetahui perbedaan/ penyimpangan antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat dan menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.


Cara Kalibrasi pH Meter

Alat :
  • pH Meter
  • Gelas piala/beker 100 ml ( 3 buah )
  • Gelas piala 250 ml ( 1 buah )
  • Botol semprot 250 ml
  • Tisu
Bahan :
  • Larutan Buffer 4, 7, dan 10
  • Aquadest
Tahapan dalam kalibrasi pH Meter :
  1. Tuang larutan buffer 4, 7, dan 10 ke dalam gelas piala masing- masing 50 ml. Tandai masing-masing gelas agar tidak keliru dengan gelas piala A ( untuk buffer 4 ), gelas piala B ( untuk buffer 7 ), gelas piala C ( untuk buffer 10 ).
  2. Buka penutup elektroda, kemudian rendam sebentar dalam aquadest, bilas berkali-kali dengan menggunakan botol semprot dan tampung air sisa semprotan ke dalam gelas piala 250 ml.
  3. Keringkan elektroda dengan menggunakan kertas tisu.
  4. Tekan tombol "ON " pada pH meter tersebut.
  5. Elektroda yang sudah kering dicelupkan ke dalam larutan buffer 7, kemudian tekan tombol " CAL " pada alat dan putar elektroda agar homogen. Tunggu beberapa saat sampai alat menunjukkan angka yang tetap. Pembacaan harus menunjukkan pH 7.
  6. Cuci elektroda dengan aquadest berulang-ulang dan keringkan dengan tisu.
  7. Ulangi langkah no 5, tetapi menggunakan larutan buffer 4 dan 10.
  8. Apabila hasil pembacaan diluar range yang telah ditetapkan artinya pH meter tidak terkalibrasi.
Berbagai merk pH meter memiliki detail yang berbeda - beda dalam cara mengkalibrasinya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada buku manual alat. Tetapi pada umumnya cara kalibrasi alat hampir sama seperti yang saya jelaskan diatas.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Kalibrasi

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar