Home » , » Cara Menggunakan Klorofil Meter SPAD

Cara Menggunakan Klorofil Meter SPAD

Klorofil meter SPAD ( Soil Plant Analysis Development ) adalah alat yang digunakan untuk mengukur klorofil daun secara relatif. Satuan yang digunakan yaitu satuan unit. Klorofil meter  mudah digunakan, dapat dibawa ke lapangan, dan didapatkan hasil yang instan. Kekurangan dari klorofil meter SPAD ini adalah harga yang relatif mahal.



Bagian- bagian klorofil meter SPAD minolta 502 :


Cara Menggunakan Klorofil Meter SPAD ( Minolta 502 ) :
  1. Hidupkan alat dengan memutar tombol "on off " ke arah ON.
  2. Lakukan kalibrasi sebelum alat digunakan.
  3. Untuk melakukan kalibrasi saat alat menyala maka di layar alat akan muncul " CAL ", tekan kepala bawah pengukur tanpa sampel. Alat akan berbunyi saat kalibrasi selesai.
  4. Kemudian layar akan menampilkan N=0 ( N adalah jumlah sampel ke 1,2,3,...dst ). Jika layar berkedip " CAl " dan berbunyi maka kalibrasi belum dilakukan dengan benar ( mungkin kepala pengukur tidak tertutup sepenuhnya). Ulangi prosedur di atas.
  5. Untuk memulai pengukuran daun, tempatkan sampel daun pada slot kepala klorofil meter kemudian tekan ke bawah, saat kepala ditutup di atas daun maka meteran akan berbunyi dan hasil pengukuran akan muncul di layar. Hasil pembacaan otomatis akan tersimpan dalam alat. Apabila meteran tidak berbunyi dan tidak memberikan pembacaan maka ubah posisi sampel daun.
  6. Untuk sampel daun basah sebaiknya sampel dibersihkan dahulu dengan cara di lap atau daun digoncangkan sampai air di dalam sampel daun hilang, setelah itu baru dilakukan pembacaan sampel daun.
  7. Apabila hasil pembacaan tidak sesuai maka hasil pembacaan dapat dihapus dengan menekan tombol " DATA DELETE ", yang akan menghapus pembacaan terakhir. Untuk menghapus semua data maka tekan tombol " ALL CLEAR DATA ". Untuk memeriksa semua pengukuran data dan memindai hasil pengukuran yang sudah diambil maka tekan tombol " DATA RECALL ", setiap kali tombol ditekan meterannya akan melalui siklus bacaan. Untuk rata-rata hasil pengukuran tekan tombol " AVERAGE DATA ", maka otomatis akan di dapatkan rata-rata hasil pengukuran.
  8. Setelah selesai matikan alat dan lepas baterai.
Klorofil meter SPAD Minolta 502 dapat digunakan untuk menyimpan 30 data dan baterai yang digunakan adalah baterai AA sebanyak 2 buah.




0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar