Home » , » OVEN MEMMERT : Cara Menggunakan Oven

OVEN MEMMERT : Cara Menggunakan Oven

Oven merupakan salah satu alat yang sering digunakan dan dijumpai di laboratorium. Pada artikel ini akan saya bahas tentang bagaimana cara mengoperasikan oven ( oven yang saya maksud disini adalah oven Memmert UN 55 ), oven ini merupakan oven model baru dengan tombol - tombolnya yang sudah touch screen ( ga mau kalah sama android ya :) )


Oven adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur kadar air. Selain itu juga digunakan untuk mengeringkan zat-zat kimia, pelarut organik, dan untuk mengeringkan atau mensterilkan alat-alat gelas laboratorium.

 Tidak semua alat gelas laboratorium bisa dikeringkan dengan oven,hanya alat gelas tertentu yang dapat dikeringkan dengan oven, yaitu alat gelas yang memiliki ketelitian rendah. Contoh alat gelas yang bisa dikeringkan dengan oven adalah gelas piala/beker glass, erlenmeyer, petridish/cawan petri, dan tabung reaksi.

Sedangkan alat gelas dengan ketelitian tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven karena alat tersebut akan memuai jika dipanaskan dan mengakibatkan ketelitian alat tersebut tidak lagi akurat. Contoh : labu takar, pipet ukur,dan  pipet volum.

Untuk zat-zat kimia yang boleh dikeringkan dengan oven adalah zat-zat kimia yang tidak mudah meledak saat dipanaskan dan tidak mengeluarkan uap atau gas beracun. Contoh zat kimia yang boleh dikeringkan dengan oven adalah kalium dihidrogen fosfat (KH2PO4), natrium klorida (NaCl), natrium oksalat ( Na2C2O4).

Bagian - Bagian Oven :













Keterangan gambar :
No 1 = tombol on/off
No 2 = tombol untuk mengaktifkan pengatur suhu
No 3 = tombol untuk mengaktifkan pengatur waktu
No 4 = tombol untuk mengatur suhu/waktu yang diinginkan
No 5 = tombol untuk mengonfirmasi
No 6 = tombol untuk mengaktifkan pengatur menu

Pengoperasian Oven

Alat oven hanya boleh dioperasikan dan dirawat oleh petugas/laboran yang telah diberi petunjuk mengenai tata cara pemakaian oven. Petugas yang akan menjalani pelatihan, yang diberi petunjuk, atau yang menjalani pelatihan umum hanya boleh bekerja dengan alat dibawah pengawasan dari orang yang berpengalaman.

Cara Menggunakan Oven Memmert UN 55 :

  1. Bersihkan oven sebelum digunakan.
  2. Tancapkan stekker ke stop kontak.
  3. Tekan tombol on/off ( pada no.1) dan tunggu beberapa saat.
  4. Untuk pengaturan suhu, sentuh pada tombol no.2 kemudian putar pada tombol no.4 untuk mengatur suhu yang diinginkan dan tekan no.5 untuk mengonfirmasi.
  5. Untuk pengaturan waktu, sentuh pada tombol no.3, kemudian putar pada tombol no.4 untuk mengatur waktu yang diinginkan dan tekan no.5 untuk mengonfirmasi.
  6. Untuk mengatur menu sentuh pada bagian no.6 .
  7. Masukkan sampel ke dalam oven.
  8. Setelah selesai matikan oven dengan menekan tombol on/off, ambil sampel dengan menggunakan sarung tangan.
  9. Cabut stekker kabel dan setelah dingin bersihkan oven.

Perawatan Oven

Untuk memaksimalkan kerja oven dan memperpanjang umur oven perlu dilakukan perawatan oven secara rutin. Selalu bersihkan oven setelah selesai digunakan. Bersihkan bagian dalam oven dengan kain lembut dan jangan menggunakan zat abrasif untuk membersihkan oven. Jangan mengelap bagian elemen pemanas. Untuk bagian luar dibersihkan dengan lap basah.

Apabila oven mengalami gangguan fungsi dan kerusakan, segera hentikan penggunaan alat oven ini dan matikan oven. Cabut stekker dari sumber listrik. Hubungi teknisi untuk perbaikan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar