Home » » BEAKER GLASS : Fungsi Gelas Beker

BEAKER GLASS : Fungsi Gelas Beker


Beaker glass/ gelas beker atau biasa disebut dengan gelas piala adalah alat gelas kimia berbentuk silinder dengan dasar yang rata. Beaker glass ini umumnya terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas hingga 200 C. Beaker glass ini memiliki takaran tapi tidak digunakan untuk mengukur volume suatu zat cair, karena alat ini hanya memiliki tingkat ketelitian dengan akurasi 10 %.

Ukuran beaker glass ini bervariasi yaitu 25 ml, 50 ml, 100 ml, 150 ml, 200 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml, 2000 ml. Ada beberapa merk beaker glass yaitu Pyrex, Iwaki Pyrex, Schott Duran. Beaker glass dapat ditutup dengan kaca arloji untuk mencegah kontaminasi dan penyusutan suatu zat.



Fungsi Beaker Glass :

1. Sebagai tempat untuk membuat larutan seperti larutan HCl, H2SO4, NaOH,NaCl, dan bahan kimia   lainnya. Perlu diperhatikan  apabila akan membuat larutan asam encer maka dalam beaker glass diisi  sejumlah aquadest terlebih dahulu, kemudian baru asam sesuai dengan takaran yang diinginkan.

2. Untuk mengukur volume larutan yang tidak membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

3. Beaker glass berfungsi sebagai pemanas, misalnya tempat untuk memanaskan bahan/larutan diatas hot plate, memanaskan aquades untuk melarutkan bahan kimia.

4. Beaker glass berfungsi untuk mencampur dan mereaksikan bahan kimia atau larutan kimia.

5. Menampung bahan kimia berupa larutan, padatan, pasta atau tepung.


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar