Home » » KONVERSI ppm ke persen (%)

KONVERSI ppm ke persen (%)

Kadang masih kacau dengan bab ppm ini kalau lagi ga fokus. Untuk mengingatnya saya masukkan dalam artikel saya,biar lebih mudah kalo lagi dibutuhkan.


KONVERSI ppm ke persen (%)

ppm adalah part per million atau disebut juga bpj “ bagian per juta”. Tapi kita lebih terbiasa dengan sebutan ppm daripada bpj.

Satuan ppm  adalah mg/kg atau mg/L.
1000 ppm = 1 gram/Liter = 1000 mg/L = 1 mg/ml
1 ppm = 1 mg/L = 1 mg/kg
1 ppm = 1/10000% = 0,0001 % ,  ppm ke persen dibagi 10000
1 % = 10000 ppm,   persen ke ppm dikali 10000

Contoh :
1.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 100 ppm, maka
IAA yang ditimbang = 0,100 gr ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).

2.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 0,05% (500 ppm), maka
IAA yang ditimbang = 0,500 gr, ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).

Semoga artikel ini bermanfaat, share ke teman - teman ya readers....Kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

81 komentar:

  1. mohon bantuannya :
    berapa banyak klorin yang ditambahkan untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter air jika konsentrasi klorin yang digunakan 15%

    ReplyDelete
    Replies
    1. klorin 15% = 150.000 ppm

      untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter menggunakan rumus pengenceran :
      V1xK1 = V2xK2

      maka cara menghitungnya :
      V1 = ?
      K1 = 150.000 ppm
      K2 = 100 ppm
      V2 = 50 liter = 50.000 ml

      V1 = (50000 x 100 ppm )/150000
      V1 = 33,3 ml

      Dari klorin 15% diambil 33,3 ml kemudian diencerkan sampai volume 50 liter.

      Terimakasih semoga membantu :)

      Delete
  2. 50 ppm = %
    100% = ppm
    75mg/100ml = %
    250% = ppm

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 ppm = 50/10.000 = 0,005 %
      100 % = 100 x 10.000 = 1.000.000 ppm
      75 mg/100ml = 0,075 %
      250 % = 250 x 10.000 = 2.500.000 ppm

      Semoga membantu :)

      Delete
  3. aku minta bantuan cara mengitun konsentrasi rootone
    -f.
    100 ppm
    200 ppm
    300 ppm.
    bgmn ya tolong aku butuh skali

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ppm = timbang 0.1gram rootone F kemudian jadikan volume 1000 ml(1 liter) dengan aquadest

      200 ppm = timbang 0.2 gr rootone F kemudian jadikan volume 1 liter dengan aquadest

      300 ppm = timbang 0.3 gr kemudian jadikan 1 liter dengan aquadest

      terimakasih.semoga membantu :)

      Delete
  4. Kalau dari ppm jadi mg/g gmn caranya min mohon dibantu untuk revisi skripsi saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1mg/kg = 1mg/1000gr= 0.001mg/gr

      Semoga membantu :)

      Delete
  5. Mas kalau co:2000ppm kalau jadi % gmn ya ?
    So2:400mg/m3 menjadi %?
    No2:600ppm menjadi %?
    Co2:2.5% mendajdi ppm ?
    Tolong bantuannya Mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi Mas kalo
      so2:400mg/m3 menjadi ppm ?

      Delete
    2. 2000 ppm = 2000/10000 = 0.2 %
      400 mg/m3 = 0.4 ppm = 0.00004 %
      600 ppm = 0.06 %
      2.5% = 25000 ppm

      Terimakasih. Semoga membantu :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. bagaimana cara membuat konsentrasi 100 ppm jika larutannya menggunakan ml?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 ppm = 1 ml/L
      100 ppm = 0,1 ml/L
      jadi untuk membuat 100 ppm yaitu dengan memipet 0,1 ml larutan kemudian diencerkan dengan air sampai volume 1 liter.

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Kalau ppm ke %meq/l gmn..? Mohon batuanx ya.?

    ReplyDelete
  9. Kalau dari g/L mau dijadikan % bagaimana ya pak?

    142.09 g/L berapa %?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 gr/L = 0,1 %
      142,09 g/L = 14,209 % ( dibagi 10 )

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  10. Mau tanya dalam 5gr tablet berisi ga3 kadar 20% sebanyak 1gr. Berapa gr yg di butuhkan untuk membuat larutan 10ppm, 25ppm ? Gimana rumusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya agak bingung juga...yang bisa bantu jawab bisa koment dibawah ya :)

      Terimakasih.

      Delete
  11. Apa bisa minta kontak wa .. trims ..

    ReplyDelete
  12. KA klw misalkan ingin membuat larutan oxinia 150 0.4% dalam 2500liter air
    Dimana oxinia nya 1% yg di pake
    Brapa liter oxinia actip yg harus di tambahkan ,mhon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan faktor pengenceran saja
      V1 x K1 = V2 x K2
      V1 x 1 = 2500 x 0,4
      V1 = 1000
      Jadi oxinia aktif yang dibutuhkan yaitu 1000 liter ( untuk membuat oxinia 0,4% sebanyak 2500 liter).

      Terimakasih,semoga membantu :)

      Jika ada saran atau masukan bisa koment di bawah ya...

      Delete
  13. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1 mg/L = 1mg/1000 ml, jadi konversi dari ppm ke mg/ml yaitu dibagi 1000.
      50 ppm = 0,05 mg/ml
      60 ppm = 0,06 mg/ml
      70 ppm = 0,07 mg/ml
      80 ppm = 0,08 mg/ml

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oh ok ok karena 1000 ppm = 1 mg/ml thanks a lot makane dibagi 1000

      Delete
  14. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
  15. aq mau tanya jika 2600 mgNM3 SO2 dijadikan ke ppm brapa ya? bantu jawab donk please...

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete
  18. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete
  19. min tanya untuk mengubah dari mikroMol ke ppm gimana ya??

    ReplyDelete
  20. Pak, kalau 250 ppm dari 6000 liter air berapa itu pak?

    ReplyDelete
  21. bagai mana cara menghitung nilai ktk tanah dari satuan ppm ke me/100 g

    ReplyDelete
  22. bagai mana cara menghitung nilai ktk tanah dari satuan ppm ke me/100 g

    ReplyDelete
  23. Mohon bantuannya, Mau tanya kalau rubah 30 ppm, 40 ppm, 50 ppm, dan 60 ppm ke gr/l? Gmna caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ppm ke gr/liter yaitu dibagi 1000

      30 ppm = 0.03 gr/L
      40 ppm = 0.04 gr/L
      50 ppm = 0.05 gr/L
      60 ppm = 0.06 gr/L

      Terimakasih, semoga membantu :)

      Delete
  24. Pagi, mohon bantuannya, jika saya memiliki hormon kemasan 1 gram yang mengandung GA3 10%, dan saya ingin membuat larutan sebanyak 100 ppm, bagaimana caranya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. timbang GA3 10% sebanyak 0,1 gram, larutkan dengan sedikit alkohol. Setelah larut tambahkan aquadest sampai volume 1000 ml ( 1 liter )

      Semoga membantu, terimakasih :)

      Delete
  25. Kalo 96,3983mg/L ke ppm gimana yaa? Thankss

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. 1000 ppm = 1 gr/kg
      40,5 g/kg = 40,5 x 1000 = 40500 ppm
      = 4,05 % ( dibagi 10000 )

      3,58 g/kg = 3,58 x 1000 = 3580 ppm
      = 0,358 %

      Semoga membantu, terimakasih :)

      Delete
  27. Bro..kalo mau buat larutan 10 ppm ga3 berasal dari 5 gram suoergib 20% gimana ya bro.. atau 5gram supergib itu dilarutkan ke brapa liter air..bingung jg nih ngitungnya..trmks sblmnya

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Berapa gr (nh4)2so4 yang harus ditimbang untuk membuat larutan 50 ppm yang didalamnya terdapat 12.2% senyawa nitrogen dalam 1 gr nya.
    Mohon bantuannya untuk membuat larutan standar nitrogen.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Kak kalo 1000 ppm brpo liter ya?

    ReplyDelete
  31. Kalau ppm dirubah jadi mg/g gimana ka.?

    ReplyDelete
  32. Kaka tolong bantu
    25 ppm- mg/L
    50 ppm -mg/L
    75 ppm -mg/L
    Dan
    25 ppm- gr/L
    50 ppm -gr/L
    75 ppm -gr/L

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1 mg/L
      25 ppm = 25 mg/L
      50 ppm = 50 mg/L
      75 ppm = 75 mg/L

      25 ppm = 0,025 gr/L
      50 ppm = 0,050 gr/L
      75 ppm = 0.075 gr/L

      Terimakasih, semoga bermanfaat

      Delete
  33. Cara buat naoh 98% ke 10.000 ppm ?

    ReplyDelete
  34. Kakak tolong bantu jika dalam suaru obat dengan dosis 600 ppm apa maksud nya??

    ReplyDelete
  35. apa bener seperti ini kak?

    P1: (Konsentrasi pupuk Nanosilika 25%) yaitu dengan cara melarutkan125 mlnanosilika dalam 1.5 liter air

    P2: (Konsentrasi pupuk Nanosilik 50%) yaitu dengan cara melarutkan 2.5 ml nanosilika dalam 1.5 liter air

    ReplyDelete
  36. Dalam proses sianidasi,konsetrat
    Sianida 600 ppm
    H2o2 15 ppm
    Pbno3 200 ppm
    Berapa banyak cn,h202,pbn03 yg dpt dipakai jika airnya 1000 ltr.mks

    ReplyDelete
  37. Kak itu nilai 10000% dapat dari mana yah bisa di jelasin

    ReplyDelete
  38. Kak kalau 393 ppm ke % brapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ppm ke persen tinggal dibagi saja dengan 10.000
      jadi 393/10.000 = 0,0393 %

      Delete
  39. Salam sukses utk jagad kimia ,, saya mau tanya tolong dijawab yaa plissss 😂😂😂 ,,,, saya pngen mengencerkan larutan (auksin 2,4 dimetil Amina) yg konsentrasi nya 850 g/l atau 850.000 ppm menjadi 5 ppm bagaimana rumus nya ???? Terimakasih ,, klo bisa di jwb di no wa ini>> 082216009625

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan faktor pengenceran. Misal ingin membuat 5 ppm auksin sebanyak 100 liter
      V1 x K1 = V2 x K2
      V1 x 850.000 ppm = 100.000 ml x 5 ppm
      V1 = 500.000/850.000
      V1 = 0,58 ml

      Cara membuat 5ppm auksin dari 850.000ppm yaitu dengan mengambil 0,58 ml auksin kemudian ditambah aquadest sampai volume 100 liter.

      Terimakasih, semoga membantu

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  40. Jwbn diatas cukup mmbantu tp saya gak bisa ambil 0,58 ml gak punya alat nya soslnya 😂🤣😂🤣 ,,, saya tanya yg lain saja >> jika auksin serbuk 1,1 gram dgn kemurnian 95% ingin saya buat larutan 2000 ppm , brp liter air yg dibutuhkan ?? Terimakasih salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin membuat 2000 ppm auksin tinggal timbang 2 gram auksin kemudian dilarutkan dalam 1 liter aquadest, 2000 ppm = 2gram/liter

      Delete
  41. Mohon bantuanya kak jika 100% ingin di rubah ke liter atau ml gmna cara nya?

    ReplyDelete
  42. Hallo, mohon bantuannya
    Kalau PPM ke % langsung saja dibagi dengan 1000, PPM ke %b/b menggunakan rumus sama tidak min?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. kak mau tanya
    kalo kandungan metana pada biogas 75%
    itu berapa ppm ya ?

    ReplyDelete
  44. Kak mohon bantuannya untuk revjsi skripsi kalo hitung nilai aas dari ppm ke % caranya gmn ka?
    Konsentrasi 0ppm= 0,001ppm
    10ppm= 3,81ppm
    50ppm= 38,60
    Gimana ya ka?

    ReplyDelete
  45. Kak mohon bantuan nya:

    Kalau klorin 60% itu brp ppm?
    Lalu kalau 25.65 gram klorin itu brp ppm?

    Lalu apakah tau untuk bunuh bakteri ecoli dibutuhkan brp ppm clorine?

    Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  46. Mohon bantuanya min, teori diatas sumbernya dari mana ya, soalnya saya mau mensitasi buku nya ke laporan penelitian saya..

    ReplyDelete
  47. Kak mohon bantuannya dong, gimana caranya timbang setara sampel katekin 1 gram jika kadar sampel tsb 96,74%?

    ReplyDelete
  48. 3383.96mg/kg berapa persen ya mbak
    terimaksih

    ReplyDelete
  49. Kak tolongin aku, aku butuh bgt mau penelitian. Dosis minyak cengkeh yg aku butuhin buat mingsanin ikan 0,015 ml/L nah aku gaada alatnya kk trlalu kecil ukurannya. Solusinya gmna kak?? Please kk

    ReplyDelete
  50. Mau nanya apakah kalo mau bikin larutan 10 ppm dari serbuk tapi hanya ingin menggunakan pelarut 100 ml tinggal menimbang bahan 0,1 mg dan dilarutin dalam 100 ml atau ada rumus lain? Terimakasih

    ReplyDelete
  51. 1g/ml : ppm
    3g/ml : ppm

    Gimana ya cara merubah ke ppm

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar