Home » » KONVERSI ppm ke persen (%)

KONVERSI ppm ke persen (%)

Kadang masih kacau dengan bab ppm ini kalau lagi ga fokus. Untuk mengingatnya saya masukkan dalam artikel saya,biar lebih mudah kalo lagi dibutuhkan.


KONVERSI ppm ke persen (%)

ppm adalah part per million atau disebut juga bpj “ bagian per juta”. Tapi kita lebih terbiasa dengan sebutan ppm daripada bpj.

Satuan ppm  adalah mg/kg atau mg/L.
1000 ppm = 1 gram/Liter = 1000 mg/L = 1 mg/ml
1 ppm = 1 mg/L = 1 mg/kg
1 ppm = 1/10000% = 0,0001 % ,  ppm ke persen dibagi 10000
1 % = 10000 ppm,   persen ke ppm dikali 10000

Contoh :
1.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 100 ppm, maka
IAA yang ditimbang = 0,100 gr ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).

2.   Apabila kita akan membuat larutan stok IAA 0,05% (500 ppm), maka
IAA yang ditimbang = 0,500 gr, ( teteskan alkohol sampai IAA larut ),tambahkan aquadest dalam labu takar sampai volume 1000 ml (1 Liter).

Semoga artikel ini bermanfaat, share ke teman - teman ya readers....Kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

37 komentar:

  1. mohon bantuannya :
    berapa banyak klorin yang ditambahkan untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter air jika konsentrasi klorin yang digunakan 15%

    ReplyDelete
    Replies
    1. klorin 15% = 150.000 ppm

      untuk membuat konsentrasi 100 ppm dalam 50 liter menggunakan rumus pengenceran :
      V1xK1 = V2xK2

      maka cara menghitungnya :
      V1 = ?
      K1 = 150.000 ppm
      K2 = 100 ppm
      V2 = 50 liter = 50.000 ml

      V1 = (50000 x 100 ppm )/150000
      V1 = 33,3 ml

      Dari klorin 15% diambil 33,3 ml kemudian diencerkan sampai volume 50 liter.

      Terimakasih semoga membantu :)

      Delete
  2. 50 ppm = %
    100% = ppm
    75mg/100ml = %
    250% = ppm

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 ppm = 50/10.000 = 0,005 %
      100 % = 100 x 10.000 = 1.000.000 ppm
      75 mg/100ml = 0,075 %
      250 % = 250 x 10.000 = 2.500.000 ppm

      Semoga membantu :)

      Delete
  3. aku minta bantuan cara mengitun konsentrasi rootone
    -f.
    100 ppm
    200 ppm
    300 ppm.
    bgmn ya tolong aku butuh skali

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ppm = timbang 0.1gram rootone F kemudian jadikan volume 1000 ml(1 liter) dengan aquadest

      200 ppm = timbang 0.2 gr rootone F kemudian jadikan volume 1 liter dengan aquadest

      300 ppm = timbang 0.3 gr kemudian jadikan 1 liter dengan aquadest

      terimakasih.semoga membantu :)

      Delete
  4. Kalau dari ppm jadi mg/g gmn caranya min mohon dibantu untuk revisi skripsi saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1mg/kg = 1mg/1000gr= 0.001mg/gr

      Semoga membantu :)

      Delete
  5. Mas kalau co:2000ppm kalau jadi % gmn ya ?
    So2:400mg/m3 menjadi %?
    No2:600ppm menjadi %?
    Co2:2.5% mendajdi ppm ?
    Tolong bantuannya Mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi Mas kalo
      so2:400mg/m3 menjadi ppm ?

      Delete
    2. 2000 ppm = 2000/10000 = 0.2 %
      400 mg/m3 = 0.4 ppm = 0.00004 %
      600 ppm = 0.06 %
      2.5% = 25000 ppm

      Terimakasih. Semoga membantu :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. bagaimana cara membuat konsentrasi 100 ppm jika larutannya menggunakan ml?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000 ppm = 1 ml/L
      100 ppm = 0,1 ml/L
      jadi untuk membuat 100 ppm yaitu dengan memipet 0,1 ml larutan kemudian diencerkan dengan air sampai volume 1 liter.

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Kalau ppm ke %meq/l gmn..? Mohon batuanx ya.?

    ReplyDelete
  9. Kalau dari g/L mau dijadikan % bagaimana ya pak?

    142.09 g/L berapa %?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 gr/L = 0,1 %
      142,09 g/L = 14,209 % ( dibagi 10 )

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
  10. Mau tanya dalam 5gr tablet berisi ga3 kadar 20% sebanyak 1gr. Berapa gr yg di butuhkan untuk membuat larutan 10ppm, 25ppm ? Gimana rumusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini saya agak bingung juga...yang bisa bantu jawab bisa koment dibawah ya :)

      Terimakasih.

      Delete
  11. Apa bisa minta kontak wa .. trims ..

    ReplyDelete
  12. KA klw misalkan ingin membuat larutan oxinia 150 0.4% dalam 2500liter air
    Dimana oxinia nya 1% yg di pake
    Brapa liter oxinia actip yg harus di tambahkan ,mhon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan faktor pengenceran saja
      V1 x K1 = V2 x K2
      V1 x 1 = 2500 x 0,4
      V1 = 1000
      Jadi oxinia aktif yang dibutuhkan yaitu 1000 liter ( untuk membuat oxinia 0,4% sebanyak 2500 liter).

      Terimakasih,semoga membantu :)

      Jika ada saran atau masukan bisa koment di bawah ya...

      Delete
  13. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ppm = 1 mg/L = 1mg/1000 ml, jadi konversi dari ppm ke mg/ml yaitu dibagi 1000.
      50 ppm = 0,05 mg/ml
      60 ppm = 0,06 mg/ml
      70 ppm = 0,07 mg/ml
      80 ppm = 0,08 mg/ml

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oh ok ok karena 1000 ppm = 1 mg/ml thanks a lot makane dibagi 1000

      Delete
  14. 50 ppm
    60ppm
    70ppm
    80ppm
    ke mg/ml mind

    ReplyDelete
  15. aq mau tanya jika 2600 mgNM3 SO2 dijadikan ke ppm brapa ya? bantu jawab donk please...

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete
  18. Kak kalau misalnya soalnya gini : suatu air sumur telah tercemar dengan logam timbal (Pb 0,01%) . Hitung konsentrasi timbal dalam ppm, ppb, molar dan N. Carnya gimana kak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar